Virtual Reality adalah teknologi dimana penggunanya dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan buatan yang dibuat menggunakan software. Pengguna akan dibuat seolah-olah berada di dalam lingkungan tersebut. Lingkungan yang disajikan bisa merepresentasikan linkungan yang sebenarnya maupun lingkungan yang bersifat imajinatif.
Virtual Reality terus berkembang, dari yang awalnya memakai layar yang besar dan komputer menjadi sebuah kacamata Virtual Reality yang kecil seperti Oculus VR. Selain itu umpan balik tidak hanya audio visual saja, beberapa perangkat VR sudah mampu memberikan umpan balik melalui teknologi haptic yang memungkinkan user berinteraksi melalui sentuhan dan juga mendeteksi pergerakan anggota badan penggunanya
Peralatan untuk Virtual Reality
Untuk mencoba Virtual Reality tidak diperlukan peralatan khusus, cukup Smartphone dan VR Glass. Untuk VR Glass sendiri tidak perlu memakai yang mahal, bahkan anda dapat membuat sendiri, jika anda tetarik anda dapat mengikuti panduan dari halaman Google Cardboard ini.
Beberapa Contoh Pengunaan Virtual Reality
Games
Melalui game virtual reality semakin banyak dikenal orang dan semakin berkembang hingga memunculkan console game yang memanfaatkan virtual reality.
Pelatihan Pegawai
Tidak hanya pilot saya yang dapat mencoba merasakan virtual reality dalam proses belajar, saat ini sudah banyak perusahaan memanfaatkan virtual reality untuk mengganti pertemuan di kelas karena dinilai efektif dan tidak terikat oleh waktu dan tempat.
Iklan dan Bisnis
Volvo dan Uber adalah sebagian kecil perusahaan yang memakai Virtual Reality untuk mengenalkan produk mereka. Dengan Virtual Reality, potensial konsumen IKEA dapat merasa seolah-olah berada di toko IKEA. Volvo melakukan hal yang sama, potensial konsumen Volvo dapat melihat mobil volvo baik interior maupun ekterior tanpa harus datang ke toko mobil.
Social Media
Facebook memiliki produk dengan nama Facebook Spaces, merupakan platform social media yang memungkinkan penggunananya berinteraksi secara visual dengan memanfaatkan teknologi VR.
Efek Samping Penggunaan Virtual Reality
Sejauh ini belum ada informasi dampak permanen pemakaian Virtual Reality dengan lama pemakaian yang wajar. Tetapi beberapa orang melaporkan mengalami pusing, sakit kepala, mual bahkan kejang setelah penggunaan Virtual Reality terutama dalam waktu yang lama. Efek-efek samping tersebut akan hilang dalam waktu singkat.
Untuk pemakain Virtual Reality secara mobile, kecelakaan seperti jatuh akan mungkin terjadi karena tidak semua teknologi Virtual Reality mempunyai kemampuan mengenali lingkungan sekitar pengguna dan memberikan peringatan seperti jika benda di depannya ataupun ada tangga.
Seperti halnya game, kecanduan akan game virtual reality pun akan memiliki dampak negatif untuk penggunanya.