Sangatlah penting bagi pemilik website untuk mengetahui darimana pengunjung menemukan websitenya. Terutama jika pemilik website menggunakan berbagai channel untuk menarik pengunjung. Salah satu caranya adalah menggunakan UTM parameter. Bagi digital marketer UTM parameter bukanlah hal yang asing, mereka wajib untuk tahu apa itu UTM parameter dan bagaimana menggunakannya.

Sebagian besar software atau tools untuk menganalisa pengunjung website, menggunakan UTM parameter disamping metode maupun program yang mereka buat sendiri.

Apa it UTM paramater
UTM sendiri adalah kependakan dari Urchin Tracking Module. Urchin merupakan program yang dikembangkan oleh Urchin Software Corporation untuk menganalisa trafik website. Pada tahun 2005 Urchin Software Corporation diakuisisi oleh Google.
UTM parameter/code adalah tag atau parameter yang ditambahkan pada bagian akhir url. Tambahan url inilah yang akan dimanfaatkan oleh tool analisa untuk menganalisa pegunjung website.

Berikut ini contoh URL dengan UTM parameter

https://ads15.id/?utm_source=blog&utm_medium=email&utm_campaign=contoh_campaign&utm_content=textlink

Teks warna merah di atas adalah contoh UTM parameter.

Ada 5 jenis UTM parameter:

  1. utm_source, sumber trafik, contoh: facebook, twitter, google, dll.
  2. utm_medium, melalui media apa pengunjung mendapatkan website, contoh: social, mail, email, dll.
  3. utm_campaign, nama campaign, contoh: promosi_lebaran_2019, lomba_foto_2019.
  4. utm_term, parameter ini digunakan untuk mengidentifikasi term atau kata kunci yang digunakan pada iklan.
  5. utm_content, parameter untuk membedakan konten, sangat bagus untuk melakukan A/B test atau mengetahui lebih banyak pengunjung yang mengakses melalui link pada gambar atau pada teks.

Anda bisa menggunakan tools ini untuk menambahkan UTM Paramater.

Dengan UTM parameter, pemilik website dengan mudah mengetahui seberapa efektif sebuah campaign dan juga dapat memberikan insight, pada channel yang paling banyak memberikan trafik dan harus diberikan fokus lebih.
Untuk sebuah campaign yang berbayar dengan bertujuan untuk mendapatkan trafik pengunjung, pemilik website dapat memaksimalkan budget pada channel yang paling tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here