Google secara resemi meluncurkan plugin resmi yang dengan nama Site Kit. Plugin ini memberikan kemudahan pemilik website mengetahui dan memantau perkembangan websitenya dari produk-produk Google yang sudah terintegrasi.

Kehadiran plugin ini pastinya sangat dinantikan oleh sebagian besar para pemilik website. Sebagian besar website memakai  produk-produk Google untuk memantau traffik maupun performace di dalam mesin pencarian Google. Untuk website yang mendapatkan pemasukan dari iklan, tidak sedikit yang memanfaatkan Google Adsense.

Google Site Kit, menggabungkan 4 produk Google ke dalam 1 dashboard, yaitu:

  1. Search Console
  2. Analytics
  3. PageSpeed Insight
  4. AdSense
  5. Tag Manager
  6. Optimize

Cara memasang plugin Site Kit sangat mudah, seperti plugin wordpress pada umumnya. Plugin dapat ditemukan dari halaman plugin di dalam plugin WordPress (Dashboard > Plugin) atau download secara langsung di halaman resmi plugin.

Setelah memasang (install) Site Kit, ada 3 tahapan yang harus dilakukan untuk mengaktifkan Site Kit:

  1. Verifikasi kepemilikan website dan akun-akun Google yang terintegrasi dengan website
  2. Memberikan hak akses kepada plugin Site Kit ke data-data di akun Google anda
  3. Setup Search Console

Setelah selesai dengan setup dan aktivasi Site Kit, anda langsung dapat melihat beberapa informasi  statistik dari Google. Untuk beberapa produk, perlu dilakukan proses koneksi secara terpisah, proses ini sangat lah mudah, hanya perlu mengikuti step-step yang disediakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here