Programmatic Advertising merupakan suatu proses transaksi pembelian dan penjualan iklan di media online secara otomatis.

Proses pemasangan dan penayangan iklan secara tradisional akan melalui tahapan pembuatan proposal, tender, penentuan biaya dan negoisiasi. Dengan adanya Programmatic Advertising, semua proses tersebut dapat dilakukan secara otomatis dan ini tidak hanya untuk 1 tempat pemasangan iklan melainkan dapat menjangakau beberapa space iklan dari jaringan iklan yang berbeda.

Adanya Programmatic Advertising tidak menghilangkan peran manusia, terutama jika ingin menjangkau audience secara efektif dan luas. Pihak pemasang iklan perlu melakukan proses tagging iklan, penyediaan konten yang sesuai dengan target audience dan goal yang ingin dicapai.

Baik secara tradisional maupun Programmatic Advertising, tidak jarang iklan dilihat oleh audience yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan tujuan iklan.
Dengan Programmatic Advertising, hal-hal tersebut dapat dikoreksi dengan tepat dan real time.

Di samping dapat menjangkai audience yang sangat luat karena memungkina iklan di pasang di berbagai platform, beberapa tools Programmatic Advertising juga memiliki fitur smart format, dimana iklan akan ditampilkan dengan tampilan yang berbeda menyesuaikan tempat pemasangan iklan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here