Peta yang menampilkan serangan cyber dengan efek yang interaktif terlihat sangat menarik bagi siapa saja tidak terkecuali orang-orang yang bekerja dibidang keamanan. Peta-peta serangan cyber biasanya dibuat oleh perusahan-perusahaan keamanan untuk memvisualisasikan ancaman keamanan secara global untuk memudahkan dalam menjelaskan ancaman keamanan baik untuk menjaring konsumen baru maupun memberikan pemahaman kepada masyarakat awam seberapa serius serangan cyber dan tidak mengenal batas negara.

Tidak jarang peta-peta tersebut menarik minat pelajar untuk belajar keamanan cyber.

Informasi yang ditampilkan pada peta tersebut tidak benar-benar live atau real time. Sebagian besar informasi yang ditampilkan merupakan rekaman serangan yang pernah terjadi dan terdeteksi setelah dilakukan pemilahan data. Selain itu data-data tersebut tidak mencerminkan semua serangan cyber di dunia karena keterbatasan sumber data, data yang dipakai berasal dari perusahaan yang menerbitkan peta saja.

Menurut beberapa ahli keamanan cyber, peta-peta online yang menampilkan serangan cyber tidak memberikan manfaat tambahan dalam mencegah atau mengatasi suatu masalah keamanan.

Berikut ini beberapa website yang menampilan peta-peta serangan cycber:

Kaspersky
Alamat: https://cybermap.kaspersky.com/

Bitdefender
Alamat: https://threatmap.bitdefender.com/

Check Point
Alamat: https://threatmap.checkpoint.com/ThreatPortal/livemap.html

Fortiguard
Alamat: https://threatmap.fortiguard.com/

FireEye
Alamat: https://www.fireeye.com/cyber-map/threat-map.html

SpamHaus
Alamat: https://www.deteque.com/live-threat-map/

DigitalAttackMap.com by Google Jigsaw –¬†Arbor Networks
Alamat: http://www.digitalattackmap.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here