menulis-email-gmail
sumber: Rawpixel on Unsplash

CC dan BCC merupakan 2 isitilah yang sering ditemukan di dalam email. Secara garis besar CC dan BBC merupakan cara untuk mengirimkan salinan email kepada orang lain. CC kependekan dari Carbon Copy sedangkan BCC kependekan dari Blind Carbon Copy.

Perbedaan yang paling mendasar adalah jika alamat penerima salinan dituliskan pada bagian BCC, semua penerima email tidak dapat melihatnya, sedangkan jika dituliskan pada CC semua penerima akan tahu siapa saja yang menerima salinan email.

Pada surat-menyurat bukan elektronik, CC dan BCC adalah penerima salinan dari surat asli. Jika anda perhatikan, pada bagian akhir surat resmi, sering ditemukan daftar alamat penerima salinan, daftar tersebut adalah CC pada email.

Pada proses pengiriman email, perlakuan terhadap alamat email yang ditulis di kolom tujuan utama (To), CC dan BCC sama. Semua alamat yang dituliskan akan menerima surat yang sama. Pada sisi penerima, mereka hanya melihat alamat pengirim, penerima utama (To) dan alamat yang di-CC saja.

Jika anda menerima email yang ditujukan kepada anda dan di-CC ke orang lain, terdapat 2 pilihan dalam membalas yaitu membalas (reply) dan membalas semua (reply all). Jika memilih membalas semua (reply all) semua alamat email yang tercantum di email yang anda terima akan mendapatkan balasan email dari anda.

BCC berguna jika anda ingin mengirimkan email kepada tanpa diketahui oleh penerima utama. Penggunaan BCC kadang dipakai dalam mengirimkan email yang sama kepada banyak orang sekaligus yang mana penerima tidak saling kenal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here