sumber gambar: https://newsroom.fb.com/news/2018/04/news-feed-fyi-more-context/

Pada pertengahan tahun 2018 Facebook meluncurkan Context Button. Fitur ini tidak dirasakan oleh semua pengguna Facebook secara bersamaan. Facebook meluncurkan fitur ini secara bertahap berdasarkan negara asal pengguna Facebook. Hingga akhirnya pada 12 Desember 2018, seluruh semua pengguna Facebook dapat merasakan fitur ini.

Context Button dibuat untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan penerbit dan link yang muncul di halaman News Feed. Informasi tambahan ini akan membantu orang-orang dalam memutuskan apakah akan membaca, mempercayai atau membagi link tersebut.

Berikut ini 2 contoh Context Button untuk halaman Facebook Giftano.com dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan:

Informasi di atas akan muncul saat icon i (informasi) pada link yang dibagikan ditekan.
Dari gambar di atas Facebook akan memberikan informasi siapa penerbit artikel, kapan pertama kali link mulai dibagikan, domain di mana link tersebut berada, halaman Facebook yang berkaitan dengan penerbit link dan link-link lain yang diterbitkan oleh penerbit yang sama. Jika penerbit memiliki halaman wikipedia maka Facebook akan menampilkan sebagian kontennya.

Dari sisi pembaca atau user, user dapat memastikan bahwa informasi yang dibagikan bersumber dari media atau penerbit yang terpercaya sebelum membacanya atau membagikan. Fitur ini jika dimanfaatkan dengan baik akan mengurangi penyebaran berita hoax terutama yang berasal dari media-media online yang memang bertujuan menyebarkan berita-berita bohong.

User akan dengan mudah mengenali bahwa media tersebut tidak kredibel bisa karena masih baru, tidak ada informasi dari wikipedia, dll.

Untuk penerbit (publisher) yang memiliki konten yang bagus dan sering dibagikan di Facebook, kemungkinan user membaca konten artikel yang lain akan semakin besar karena salah satu bagian dari Context Button berisi berita-berita yang berasal dari penerbit yang sama. Yang berarti akan meningkatkan kunjungan ke halaman Facebook dan juga halaman website.

Untuk penerbit sendiri, beberapa hal berikut perlu dilakukan untuk memaksilkan fitur Context Button:

  1. Mempunyai halaman Facebook Page yang berhubungan dengan domain
    contoh halaman Facebook www.facebook.com/ads15.id untuk domain ads15.id
  2. Melakukan verifikasi domain
  3. Pastikan alamat domain yang sama tercantum bagian “About” Facebook Page

Berikut ini contoh Context Button sebelum dan sesudah melakukan verifikasi domain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here