Pada tanggal 29 Januari 2019, peramban Firefox merilis Firefox 65. Pada pembaruan tersebut privasi online mendapatkan perhatian khusus. Firefox membuat pengaturan privasi online lebih mudah dilakukan dan juga menambah fitur “Do no Track”. Fitur Do not Track akan melindungi privasi online dari software yang ditanam di dalam website untuk melacak kebiasaan pengujung dalam rangka memberikan pengalaman yang lebih baik terutama e-commerce atau untuk memberikan iklan yang ditargetkan.

Bagi digital marketer dan web developer, pembaharuan ini menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam menghimpun informasi dari pengunjung website. Semakin sedikit informasi yang dihimpun maka akan semakin sulit untuk mengenali kebutuhan pengunjung.

Content Blocking

Content Blocking merupakan pengaturan pada Firefox yang berfungsi memblok tracker. Dengan memanfaatkan fitur ini, anda akan mendapatkan privasi lebih saat berselacar di dunia maya karena aktivitas anda tidak terlacak, disimpan maupun dibagikan antar website. Pada beberapa kasus, mengaktifkan fitur ini akan membuat website tidak bekerja dengan baik, maka dari itu Firefox memberikan keleluasaan bagi usernya untuk mengatur seberapa ketat konten tracker akan diblok, dari tidak diblok sama sekali hingga sangat ketat.

Secara default, aktifitas user tidak akan terlacak saat menggunakan Private Windows oleh trackers yang terdaftar di dalam basic list database tracker milik Disconnect, tujuannya agar website tetap berfungsi dengan baik. Jika user memilih pengaturan yang ketat maka akan digunakan database yang berbeda. Berikut ini cara melakukan pengaturan Content Blocking:

  1. Klik icon
  2. Buka “Privacy and Security”, pada halaman tersebut anda akan menemukan bagian “Content Blocking”
  3. Pilih salah satu setting “Content Blocking”
    1. Standard, hanya memblok trakcer yang dikenali saat menggunakan Private Windows.
    2. Strict, memblok semua jenis tracker baik pada Private Windows maupun bukan termasuk memblok semua pelacak yang memanfaatkan cookies.
    3. Custom, user dapat menentukan apa saja yang akan diblok, pada windows apa saja, dll.
  4. Tutup Halaman pengaturan, pengaturan anda akan otomatis disimpan.

Saat Firefox memblok suatu konten, user akan melihat icon perisai pada address bar browser seperti pada gambar berikut ini:

Do Not Track

Fitur Do Not Track pada Firefox berkerja sebagai pemberi informasi kepada website-website. Jika di aktifkan makan Fireox akan memberitahu bahwa user tidak ingin dilacak aktifitasnya. Website tidak berkewajiban untuk memenuhi permintaan dari pengunjung yang mengaktifkan Do Not Track. Untuk website yang ingin menghargai permintaan pengunjung, pengelola website harus menghentikan semua aktifitas pelacakan pada user tersebut. Dari sisi pengunjung, ada kemungkina konten maupun iklan yang dilihat menjadi tidak sesuai.

Secara default Do Not Track tidak aktif kecuali saat menggunakan Private Windows, Berikut ini cara mengaktifkan Do Not Track:

  1. Klik icon
  2. Buka “Privacy and Security”, pada halaman tersebut anda akan menemukan bagian “Content Blocking”
  3. Di bawah Send websites a “Do Not Track” signal that you don’t want to be tracked, pilih:
    1. Always, jika ingin memberikan informasi agar tidak dilacak saat mengakses semua website
    2. Only when Firefox is set to block known trackers, jika ingin memberikan informasi agar tidak dilacak saat mengakses website yang menggunakan trackers yang telah diketahui.
  4. Tutup Halaman pengaturan, pengaturan anda akan otomatis disimpan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here