Media online untuk kampanye atau memperkenalkan diri bukan hal yang baru lagi. Dengan perkembangan internet yang pesat dan semakin banyak masyarakat memiliki akses ke internet, media online menjadi salah satu pilihan untuk berkampanye di samping berkampanye secara tatap muka maupun memanfaatkan area publik. Dengan media online, kampanye pun bisa dilakukan selagi para calon melakukan kegiatan lain.
Semakin dekat dengan waktu pencoblosan semakin ramai juga informasi yang beredar di portal-portal berita, lini masa sosial media maupun grup chat. Dan tidak semua informasi yang beredar benar, beberapa hoax, beberapa berita yang terpotong sehingga bermakna lain. Tidak bisa dipungkiri lagi kehadiran media sosial bisa membuat pandangan seseorang kepada calon wakil rakyat maupun calon pemimpin menjadi baik dan buruk. Jika calon pemimpin maupun wakil rakyat ingin lebih dikenal dengan memanfaatkan media online, mereka bisa menggunakan media online yang bisa dikendalikan sendiri.
Membangun Online Presence
Google dan search engine lainnya merupakan salah satu ‘senjata’ yang sering digunakan untuk mencari tahu sesuatu atau seseorang, apakah itu untuk mengklarifikasi maupun untuk mencari tahu informasi baru. Sering kali informasi calon-calon pemimpin atau wakil rakyat tidak ditemukan saat dicari kalaupun ada kadang berasal dari situs berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan keakuratannya.
Selain untuk memperkenalkan diri, kehadiran sosok calon pemimpin maupun wakil rakyat di media online yang dapat dikelola langsung dapat juga dimanfaatkan untuk menjawab berita yang salah (klarifikasi) dan juga media komunikasi.
Ada banyak cara membangun online presence, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:
Website Pribadi
Website adalah salah satu hal yang biasa saat ini, tidak perlu keahlian khusus untuk membangun website sederhana. Bisa memanfaatkan platform blog seperti wordpress maupun platform website seperti weebly, wix, squarepace untuk membuat website.
Sering menjadi pertanyaan, seseorang telah mempunyai website tetapi tidak pernah muncul di halaman depan google. Masalah tersebut bisa diatasi dengan SEO (Search Engine Optimization), SEO tidak bisa secara instan mengangkat peringkat website, perlu waktu dan itu tergantung teknik yang digunakan dan juga kompetisi. Jika ingin cepat, iklan google dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kunjungan website.
Social Media
Dengan banyaknya pengguna social media, memanfaatkan social media sangat efektif untuk berkampanye. Membuka akun social media jauh lebih mudah daripada membuat website.
Kemudahan inilah yang sering disalahgunakan oleh banyak orang dengan membuat akun palsu, baik dengan tujuan baik maupun jelek. Untuk itu sangat perlu mempunya akun yang terverifikasi. Sebagian besar social media memiliki fitur menandai akun yang telah diverifikasi untuk tokoh publik.
Konten di socila media juga perlu diperhatikan, semakin menarik akan semakin banyak yang akan melihat dan juga membaginya. Walaupun memiliki jutaan pengikut, tidak semua akan melihatnya terutama jika kontennya kurang bagus kecuali memanfaatkan iklan di social media. Konten yang bagus juga dapat menajring pengikut baru social media.
Wikipedia
Banyak orang masih memanfaatkan wikipedia sebagai acuan dalam memperoleh informasi dan banyak pula yang beranggapan informasi di wikipedia benar. Akan sangat bagus jika memiliki profil di wikipedia. Wikipedia bersifat terbuka, siapa saja dapat memberikan kontribusi termasuk tim pemenangan, jika belum ada profil bisa membuat yang baru sedangkan yang sudah ada bisa memperbaiki ataupun menambahkan informasi yang baru. Perlu diingat pula, karena sifatnya yang terbuka maka maka profil yang telah ada dapat diganti oleh orang lain maka jika memiliki profil di Wikipedia, sebaiknya dipantau.
Iklan
Iklan pun bisa dimanfaatkan untuk kampanye, iklan di sosial media, google maupun di portal berita. Selain untuk memperkenalkan diri, iklan-iklan tersebut bisa dimanfaatkan membawa pengguna media online ke website pribadi ataupun ke profil di social media.
Iklan di media social maupun di google saat ini bisa ditargetkan pada kelompok masyarakat yang spesifik, baik lokasi, usia, pekerjaan dan lain sebagainya. Dengan fitur ini kelompok masyarakat yang berbeda akan mendapatkan iklan yang berbeda pula.
Online Influencer
Online influencer biasanya memiliki pengikut yang banyak di akun social media, blog maupun website. Karena pengikutnya banyak dan pengikut mereka mengikuti karena kesamaan minat, memanfaatkan online influencer bisa dijadikan salah satu pilihan. Beberapa online influencer akan secara sukarela membantu karena kesamaan visi dan misa dan beberapa memiliki biaya khusus untuk setiap tulisan yang diungguh.