sumber gambar: NESA by Makers

Local SEO (search engine optimization) disebut juga sebagai Local Search Marketing adalah suatu tindakan di dunia maya yang bertujuan mempromosikan bisnis/usaha yang bersifat offline seperti restoran, toko, hotel, dll. Efek jangka panjang untuk usaha yang berhasil melakukan Local SEO adalah peningkatan jumlah konsumen.

Salah satu ciri usaha yang sukses dalam melakukan Local SEO atau Local Search Marketing adalah usaha tersebut dapat dengan mudah ditemukan di aplikasi pencarian atau peta pada kata kunci tertentu atau sedang berada di dekat lokasi usaha berada.

Berikut ini contoh Local SEO

Kasus 1: User mencari “Coffee Shop” dengan Google Search Engine
Hasil pencarian pada Google Search penampilkan 3 coffee shop yaitu Fadhiya Indian Coffee Shop, Choon SengĀ  Coffee Shop dan Super 28 Coffee Shop.

Jika user tidak mengetahui lokasi di mana user berada, sangat besar kemungkinan user akan mempercayai hasil pencarian tersebut. Pada kenyataanya terdapat coffee shop yang hanya berjarak 5 meter dari posisi user.

Kasus 2: User mencari Coffee di Jl. Tj. Barat Raya
Hasil pencarian akan menampilkan 3 tempat yang menjual kopi di Jl. Tj. Barat Raya. Hampir dipastikan ada lebih dari 3 penjual kopi tetapi Google hanya akan menampilkan 3 tempat saja kecuali user menekan link More places untuk melihat tempat-tempat yang berkaitan dengan kopi lainnya.

 

Dari 2 kasus di atas sangat jelas bagaimana Local Search akan mempengaruhi suatu usaha dalam mendapatkan kosumen baru yang berarti meningkatkan revenue suatu usaha.

Di lingkungan Google, Local SEO sangat berkaitan erat dengan Google My Business. Google My Business adalah salah satu produk dari Google yang memungkinkan pengelola suatu usaha mengendalikan informasi yang ditampilkan di platform Google baik halaman pencarian maupun di aplikasi peta.

Dalam menampilkan hasil pencariannya pada Local Search, Google akan mempertimbangkan nama tempat usaha, keterkaitan usaha dengan kata kunci, jarak dengan user, apakah buka atau tidak dan juga relevansi berdasarkan aktifitas user sebelumnya. Rating maupun review, menurut beberapa kali hasil percobaan yang kami lakukan tidak terlalu berdampak pada ranking.

Jika Google menerapkan algoritma yang sama dengan pencarian standar , relevansi hasil pencarian di peta akan ditentukan oleh seberapa banyak orang membuka profil dari hasil pencarian dan juga menanyakan lokasi tempat usaha berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here