Memasang iklan di Facebook tanpa memilih target audience yang tepat merupakan pemborosan yang bisa di hindari. Beberapa orang berargumentasi jika tidak tidak ada pembatasan target audience iklan akan dapat dilihat oleh lebih banyak orang.
Contoh pemasangan iklan yang kurang tepat, anda memiliki usaha hotel di Bali dan ingin mengiklankan paket honeymoon. Jika anda tidak membatasi audience, iklan tersebut bisa muncul di timeline siapa saja dan di mana saja, termasuk remaja yang kemungkinan besar belum menikah atau orang-orang yang belum berpasangan. Sisi positifnya banyak orang akan melihat brand anda tapi mereka tidak akan menjadi konsumen anda.
Sebelum anda menentukan target audience anda harus tahu kriteria konsumen yang anda inginkan dan tujuan dari iklan. Jika iklan bertujuan hanya untuk brand awarness, target audience bisa dibikin tidak terlalu spesifik sedangkan jika tujuannya untuk suatu produk yang sudah jelas target pasarnya, target audience bisa dibuat lebih spesifik, contohnya seperti berikut ini:
- Sudah bertunangan dan tinggal di Jakarta dan menyukai Bali.
- Sudah menikah dengan ulang tahun pernihkahan 1 bulan kedepan.
Menentukan target audience pun perlu kehati-hatian, jika terlalu banyak kriteria maka orang yang akan melihat akan sangat sedikit. Pada saat anda memasang iklan, Facebook akan memberikan estimasi berapa orang yang akan melihat iklan anda.
Facebook mengelompokkan audience iklan ke dalam 3 kelompok pilihan untuk memilih siapa yang akan melihat iklan anda:
Core Audience
Demographics
Mencari pengguna Facebook berdasarkan usia, jenis kelamin, status hubungan, tempat kerja, jabatan, dll.
Location
Facebook akan mencari penggunanya berdasarkan lokasi. Anda dapat memilih daerah mana yang akan anda jadikan target bisnis.
Anda juga dapat menargetkan orang-orang yang berada di sekitar lokasi usaha anda.
Interests
Kriteria ini untuk mencari orang berdasarkan hobi, film atau musik yang digemari.
Behaviours
Facebook akan mencari oenggunanay berdasarkan aktifitas onlinenya, beberapa diantaranya adalah kebiasaan belanja, pemakaian perangkat online, aktifitas berselacar di dunia maya, dll.
Custom Audience
Custom Audience membantu untuk menemukan pengguna Facebook yang telah mengikuti akun Facebook anda atau berada di dalam daftar kotak anda. Hal ini akan sangat membantu jika anda ingin menjaga hubungan dengan pelanggan anda ataupun memperkenalkan produk baru.
Selain itu anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk menargetkan orang-orang yang mengunjungi website anda. Ini akan sangat berguna untuk e-commerce yang sebagian besar pembelinya datang secara online.
Lookalike Audience
Lookalie Audience merupakan fitur yang sangat membantu untuk mencari orang-orang yang kemungkinan terarik dengan usaha anda dengan memanfaatkan informasi dari pelanggan/pembeli anda saat ini.