source: unsplash

Tidak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal dari iPhone dan aplikasi yang ada di dalamnya memerlukan trasnfer data yang tidak sedikit. Untuk pemilik iPhone yang selalu terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi hal ini tidak menjadi masalah tetapi bagi pemilik yang tidak selalu terhubung dengan jaringan Wi-Fi dan memiliki kuota internet yang terbatas, kuota data internet akan terasa cepat habis.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan data pada iPhone. Seperti yang sudah diungkapkan diawal, beberapa cara di bawah ini akan membatasi kemampuan iPhone karena beberapa fitur pintar iPhone memerlukan koneksi internet.

Matikan Update Aplikasi secara Otomatis pada Data Seluler
Dengan mematikan fitur ini, aplikasi anda hanya akan di update secara otomatis jika terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Berikut ini cara melakukannnya:
Masuk ke Pengaturan/Settings > iTunes & App Store > Matikan “Use Mobile Data/Use Cellular”

 

Matikan Background App Refresh
Beberapa Aplikasi melakukan update data walaupun aplikasi tidak aktif, dengan adanya fitur ini kita sering mendapatkan informasi terbaru dari beberapa aplikasi baik penting maupun. Untuk beberapa aplikasi yang tidak penting, bisa anda matikan fitur “Background App Refresh”. Jika fitur ini di matikan untuk aplikasi tertentu, aplikasi tersebut akan memperbaharui data pada saat di buka saja.

Berikut ini cara melakukannnya:
Masuk ke Pengaturan/Settings > General > Background App Refresh > Matikan beberapa aplikasi atau semuanya.

Monitor dan Matikan Aplikasi yang memakai banyak data
Di dalam pengaturan iPhone anda dapat melihat berapa banyak data yang dipakai oleh sebuah aplikasi. Kadang tanpa kita sadari beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak begitu penting menggunakan data relatif besar.

Untuk melihat penggunaan data aplikasi anda:
Buka Settings > Mobile Data > Mobile Data Section

Pada bagian tersebut, anda juga dapat mematikan penggunaan data pada sebuah aplikasi.

Untuk memberikan efek lebih hemat data, anda dapat menmatikan penggunaan data untuk aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

Matikan iCloud pada Data Seluler
Selalu terhubung cengan iCloud memberikan banyak benefit, di sisi lain iCloud menggunakan cukup banyak data.Anda dapat mematikan fitur, dengan dimatikan fitur ini, iPhone akan terhubung ke iCloud hanya pada saat terhubung dengan Wi-Fi.

Berikut ini cara mematikan mematikan iCloud pada Data Seluler:
Buka Settings > Cellular / Mobile Data > Matikan iCloud Drive
* di bawah Mobile Data section

Disable Wi-Fi Assist
Wi-Fi Assist, salah satu fitur yang memastikan iPhone terhubung dengan internet pada saat sinyal Wi-Fi atau kualitas Wi-Fi tidak baik. Pada dasarnya Wi-Fi Assist akan menggunakan jaringan seluler saat kualitas internet pada jaringan Wi-Fi tidak bagus. Proses perubahan jaringan ini tidak akan disadari oleh pengguna iPhone.

Fitur ini dapat dimatikan dengan cara:
Buka Settings > Cellular / Mobile Data > Matikan “Wi-Fi Assist”
* di bawah Mobile iCloud Drive

Hindari Streaming Musik dengan Kualitas Tinggi
Untuk mendengarkan musik, apple memberikan opsi musik berkualitas standar dan tinggi. Kualitas yang berbeda ini dapat didengarkan pada saat iPhone terhubung dengan Wi-Fi maupun jaringan seluler. Untuk musik berkualitas tinggi, data yang digunakan akan lebih besar.

Anda dapat menurunkan kualitas musik menjadi kualitas standar saat terhubung dengan jaringan seluler dengan cara:
Buka Settings > Music > Mobile Data > Matikan High-Quality Service

Selain itu anda dapat juga menghemat data dengan cara mengaktifkan fitur Downloads atau mematikan penggunaan data untuk aplikasi musik secara penuh.

Mematikan auto-download dan auto play pada aplikasi
Untuk beberapa aplikasi yang memakai video, gambar maupun audio sebagai salah kontennya, sering kali video, gambar dan audio di download secara otomatis. Beberapa contohnya adalah Facebook, video akan mulai diputar saat pemilik akun Facebook membuka timeline-nya. Pada aplikasi WhatsApp, gambar akan muncul tanpa perlu persetujuan dari pemilik iPhone. Beberapa hal tersebut membuat nyaman dalam pemakaian aplikasi tapi tanpa kita sadari akan memakai data yang cukup besar

Hampir sebagian besar aplikasi yang menggunakan media sebagai salah satu kontennya, memiliki pengaturan untuk memunculkan media-media (audio, video dan gambar) secara otomatis atau tidak.

Menurunkan kualitas video streaming
Menonton video lewat perangkat bergerak sudah sangat jamak dilakukan, dengan semakin cepatnya kecepatan internet trend menonton video lewat perangkat bergerak semakin meningkat. Beberapa aplikasi akan menampilkan video dengan kualitas yang berbeda sesuai dengan kecepatan internet yang pada iPhone anda. Semakin cepat maka akan memilih untuk menampilkan kualitas terbaik bahkan dengan kualitas HD. Yang aplikasi video tidak tahu adalah kuota data yang anda miliki, semakin tinggi kualitasnya maka semakin besar pula data yang dipakai. Untuk menghematnya, anda dapat mematikan pengaturan kualitas video secara otomatis dan pilih kualitas video yang tidak terlalu tinggi yang masih nyaman dilihat. Jika kualitas terlalu rendah, video yang anda kadang tidak bagus atau pecah-pecah.

Selain itu pada beberapa aplikasi video anda dapat mendownload video untuk ditonton secara offline. Jadi anda download video saat terkoneksi dengan Wi-Fi dan menontonnya kapan saja saat terkonesik dengan Wi-Fi maupun tidak terkoneksi dengan Wi-fi.

Menurunkan kualitas voice call dan video call
Melakukan percakapan melalui WhatsApp, Line, Facebook Messenger, FaceTime tidak menghabiskan pulsa karena menggunakan koneksi internet. Beberapa orang masih menganggap melakukan percakapan dengan aplikasi gratis, sebenarnya percakapan itu dibayar melalui langganan paket data yang.
Untuk memberikan kualitas yang bagus, beberapa aplikasi memakai data yang cukup besar terutama video call, sebagai gantinya untuk menghemat data, aplikasi-aplikasi tersebut memberikan opsi pada bagian pengaturan di dalam aplikasi untuk menurunkan kualitas voice call maupun video call. Menurunkan kualitas voice call dan video call kadang membuat percakapan menjadi tidak nyaman.

System Services
Jika berbagai cara di atas sudah dilakukan tetapi masih ada pemakaian data yang cukup besar, ada kemungkinan ada penggunaan data untuk System Service. System Service ada bagian dari sistem iPhone yang sangat penting beberapa perannya antara lain  memunculkan push notification, penentuan waktu dan pendeteksian lokasi, akun iTunes, layanan peta, layanan pesan, sistem keamanan dan masih banyak lagi.

Penggunaan data untuk System Service tidak bisa dimatikan, untuk melihat seberapa besar pemakaian data dapat anda lihat dengan cara membuka Settings > Cellular / Mobile Data > Mobile Data Section

Avoid Streaming High-Quality Music
Apple has created the option to stream high quality music regardless of your being on Wi-Fi or cellular. Of course, the higher the quality, the larger the file. The larger the file, the more data is needed to stream it. So, if you are in a pinch with your data limits, you’ll want to turn this OFF.

Open Settings and head to Music
Find and disable High Quality on Cellular
If you really want to avoid data fees, you can also disable Use Cellular data. With this option disabled, you will only be able to stream Apple Music over Wi-fi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here