App Store milik Apple maupun Google Play milik Android (Google) melakukan proses review untuk semua app sebelum dipublikasi. Proses ini tidak hanya untuk app baru tetapi untuk update app yang sudah dipublikasikan.

Beberapa hal yang pihak Apple pastikan terhadap semua aplikasi sebelum muncul di App Store:

  1. Safety
  2. Performance
  3. Business
  4. Design
  5. Legal

Tidak jarang proses review memakan waktu beberapa hari bahkan minggu dan pihak developer memerlukan revisi.

Dibandingkan dengan Google Play, proses review untuk App Store memakan lebih banyak waktu dan lebih ketat. Proses yang lama dan ketat ini tidak membuat para developer takut dan menghindari membuat applikasi untuk perangkat keluaran apple. Disamping memiliki jumlah populasi user yang banyak (nomer 2 setelah Android), tingkat kepercayaan terhadap suatu aplikasi mobile akan meningkat jika aplikasi tersebut terdaftar App Store milik Apple.

Walaupun sudah melalui proses review, tidak menjamin suatu aplikasi di App store aman 100% saat digunakan oleh user. Banyak pihak jahat dapat memanfaatkan applikasi untuk hal-hal yang merugikan user baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jika pihak developer ingin melewati proses review dan mendistribusikan aplikasi secara langsung kepada usernya, hal ini dapat dilakukan tetapi tidak mudah dan beresiko untuk.  Beberapa developer menggunakan service seperti TestFlight atau membaut profile khusus di dalam perangkat apple.
Beberapa developer bahkan menyarankan untuk melakukan jailbreak yang mana sangat tidak direkomendasikan karena dapat merusak perangkat apple baik dari sisi software maupun hardware.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here