new 5G technology wireless internet eifi connection background

Beberapa penduduk di Asia sudah dapat menikmati teknologi 5G, seperti Korea Selatan, Tiongkok, Jepang dan Uni Emirat Arab.
Untuk beberapa negara lain, termasuk beberapa negara di benua yang tergolong maju seperti Amerika dan Eropa, teknologi 5G saat ini hanya sebatas dapat dinikmati di dalam lingkungan terbatas. Masyarakat umum hanya dapat mencoba pada acara-acara pameran ataupun melalui tayangan video/iklan.

Teknologi 4G saat ini yang bagi banyak orang masih dirasa lebih dari cukup dan belum semua orang dapat menikmatinya akan digantikan oleh teknologi baru 5G. Bahkan beberapa negara sudah mulai melakukan lompatan dengan melakukan riset untuk teknologi 6G.

Banyak kalangan bertanya-tanya seberapa cepat dan apa yang dapat kita lakukan dengan teknologi 5G.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan dengan teknologi 5G:

Streaming video dengan kualitas 8K

Walaupun memungkinkan menonton video streaming kualits 4K dengan teknologi 4G, banyak orang masih tidak memanfaatkannya. Karena lebih boros bandwidth, device yang tidak mendukung 4K.
Dengan 5K, video dengan kualitas 4K menjadi hal yang mudal karena 5G mampu menayangkan video streming dengan kualitas 8K.

Memainkan game online serasa bermain dengan console atau LAN

Buffering atau lagging dalam memainkan game online sangatlah mengganggu, terutama untuk game live action. Buffering atau lagging dalam game terjadi karena banyaknya informasi yang dikirimkan dan diterima pada saat bersamaan. Semakin banyak player maka akan semakin besar pula data yang akan dikirim dan diterima. Hal ini yang membuat beberapa gamer lebih memilih bermain dengan console atau dengan LAN karena proses perpindahan data sangat pendek dan cepet. Dengan 5G, masalah tersebut akan teratasi dengan mudah. 5G menyediaka bandwith yang lebih besar dan cepat.

VR Game dan Konser Secara Live

Untuk bermain game dan menonton live konser dengan teknologi VR tanpa mengorbankan kualitas baik audio maupun video, memerlukan bandwidth yang sangat besar.
Dengan memanfaatkan 5G, hal ini dapat dengan mudah dapat dilakukan secara mobile.

Autonomous Car

Autonomous Car sengat diuntungkan dengan kehadiran teknologi 5G karena memberikan kemungkinan Autonomous Car menerima dan mengirim data dalam jumlah yang lebih besar dan cepat. Yang berarti semakin akurat dan aman.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here