person holding black iphone 5
Photo by Privecstasy on Unsplash

VPN kependekan dari Virtual Private Network merupakan koneksi private yang terenkripsi antara 2 device yang memungkinkan penggunanya mengakses internet. Koneksi ini bersifat private karena hanya 2 device tersebut yang saling berhubungan dan tidak dapat diketahui oleh pihak lain.

Koneksi ini bersifat virtual karena terjadi melalui jaringan internet tanpa ada batasan jenis koneksi internet yang digunakan, baik secara mobile, wireless maupun jaringan kabel.

VPN akan melibatkan beberapa komponen:

  1. Perangkat user/pengguna (client)
  2. Server VPN
  3. Tunnel sebagai penghubung antara client dan server.

Untuk mengakses dunia maya, perangkat client akan mengirimkan informasi ke server VPN yang kemudian diteruskan oleh server VPN ke alamat yang dituju. Hal ini membuat informasi client tersamarkan, tidak hanya alamat IP saja tetapi juga lokasi sebenarnya.

Apakah memakai VPN akan membuat lebih aman?

Keamanan VPN tidak terlepas dari kualitas Server VPN. Banyak penyedia layanan VPN dengan reputasi tidak bagus yang mana mereka memberikan layanan secara gratis. Sebagai gantinya mereka akan “menguping” informasi dari penggunanya.

Selain reputasi, server vpn juga harus dipastikan aman dan diperbaharui secara berkala.

Sensorship dan Kejahatan di Dunia Maya

Penggunaan VPN sering diasosiakan sebagai hal negatif dan pelaku kejahatan di dunia maya. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena banyak pelaku kejahatan di dunia maya menggunakan VPN untuk menyembunyikan informasid an identitas dirinya di balik VPN.

Di beberapa negara yang menerapkan pembatasan informasi (sensor), warganya sering memakai VPN sebagai jalan keluar untuk mengelabui sensor dari negara.

Penggunaan VPN di dalam dunia kerja dan keamanan data

VPN sudah menjadi standard keamanan bagi banyak perusahaan yang menggunakan internet dalam berinteraksi dengan jaringan internal perusahaan.
Selain informasi yang dikirim lebih aman, akses ke jaringan internal perusahaan dibatasi hanya oleh perangkat yang terdaftar oleh  perusahaan dan juga dapat melindungi pegawai saat berselancar di dunia maya.

VPN dan kejahatan di dunia maya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here